Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi – Tanaman Sawi merupakan salah satu dari banyak tanaman jenis sayuran semusim. Tanaman ini memiliki nama latin Brassica juncea L merupakan tanaman yang masih tergolong family dengan kubis-kubisan seperti brokoli, kubis bunga, dan lobak.

Sebagai salah satu tanaman sayuran yang kaya akan nutrisi tanaman sawi ini sering dijumpai untuk dijadikan sebagai lalapan dan bahan tambahan. Tanaman sawi ini memiliki struktur morfologi yang hampir sama dengan jenis tanaman sayuran lainnya seperti pada bagian akar, batang, daun serta bunga. Berikut akan dijelaskan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman sawi.

Klasifikasi Tanaman Sawi

Kingdom : Plantae
Sub Kingdom : Tracheobinonta
Super division : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : magnoliophyta
Sub Kelas : Dileniidae
Ordo : Capparales
Familia : Brassicaceae
Genus : Brassica
Spesies : Brassica juncea L.

Morfologi Tanaman Sawi

a. Akar

Tanaman Sawi memiliki sistem perakaran yaitu akar tunggang dan akar bercabang. Perakaran sawi menyebar kesemua bagian tanah hingga ke permukaan tanah. Akar dapat menembus tanah hingga kedalaman 30-50 cm. Bagian ini berfungsi sebagai alat untuk menyerap air dan zat makanan yang ada pada tanah.

b. Batang

Tanaman Sawi sejatinya mempunyai batang berukuran pendek, beruas dan bewarna kehijauan. Secara kasat mata ruas pada batang tidak terlihat. Sama seperti fungsi batang pada umumnya batang sawi berfungsi sebagai penopang atau penyangga tubuh tanaman serta tempat tumbuhnya daun sawi. Bagian ini berdiri tegak diatas permukaan tanah.

c. Daun

Daun tanaman sawi sangat mudah diketahui. Hal ini terlihat dari ciri daun yang berbentuk bulat/lonjong, melebar, bewarna hijau muda atau hiaju tua serta tidak berbulu. Ukuran tangkai daun mengikuti ukuran daun oleh karena itu tangkai pada daun sawi ada berukuran panjang dan pendek. Tulang daun pada sawi menyirip dan bercabang – cabang.

d. Bunga

Tanaman Sawi mempunyai struktur bunga yang tumbuh memanjang dan bercabang banyak. Pada kuntum bunga tanaman ini terdiri dari empat kelopak bunga, empat mahkota bunga dengan warna kuning, empat helai benag sari serta satu buah putik dengan 2 buah rongga. Proses penyerbukan tanaman terjadi dengan bantuan angin dan binatang kecil.

e.Buah dan Biji

Buah tanaman sawi termasuk kedalam jenis polong – polongan. Buah sawi berbentuk bulat lonjong memanjang dan berongga. Tiap polong biji sawi berisikan 2-8 butir biji yang berbentuk bulat dan berukuran kecil serta bewarna coklat kehitaman. Permukaan biji sawi licin mengkilap, keras dan sedikit berlendir.

Demikianlah penjelasan mengenai mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi semoga dengan tulisan ini dapat menambah pengetahuan pembaca

 

Artikel terkait Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi