Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung – Tanaman Jagung yang memiliki nama latin Zea mays ssp merupakan salah satu tanaman pangan pokok selain padi dinegara Indonesia. Selain Padi dan gandum Penghasil karbohidrat terbesar yaitu ada pada jagung.

Banyak manfaat yang dihasilkan oleh tanaman jagung. Misalnya seperti dalam bidang kesehatan, Tanaman  Jagung bermanfaat untuk melawan kanker, mencegah anemia dan menjaga kekebalan tubuh. Selain itu tanaman ini juga sering dijadikan sebagai bahan dasar olahan makanan seperti makanan pergedel jagung, kerupuk jagung, puding dan lainnya.

Tanaman popular ini selain dibudidayakan di lahan tetapi dapat juga dibudidayakan dengan menggunakan media polybag. Budidaya jagung tergolong gampang susah karena banyak factor yang harus dipahami dalam berbudidaya tanaman ini. Akan dijelaskan mengenai klasifikasi dan morfologi jagung.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

Klasifikasi Tanaman Jagung

Berikut akan dijelaskan klasifikasi tanaman jagung

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)

Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)

Sub Kelas : Commelinidae

Ordo : Poales

Famili : Poaceae (suku rumput-rumputan)

Genus : Zea

Spesies : Zea mays L.

Morfologi Tanaman Jagung

Akar Jagung

Sistem perakaran jagung yaitu akar serabut dimana akar ini mampu menembus kedalaman tanah hingga 8 meter, akan tetapi pada umumnya perakaran tanaman jagung mencapai kedalaman tanah kisaran 2 meter tergantung varietas jagung yang digunakan. Ciri dari akar jagung yaitu berbuku-buku.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

Ada tiga jenis macam akar serabut jagung yaitu :

  • Akar Seminal, Merupakan akar yang berkembang dari radikula dan embrio
  • Akar Adventif, Merupakan akar yang berkembang dari ujung buku mesokotil menjadi akar adventif, dimana akar dari tiap buku dapat berkembang antara 7 – 10 buku. Kemudian akar adventif berkembang menjadi akar serabut tebal.
  • Akar Kait atau Penyangga, Merupakan akar yang muncul diatas permukaan tanah dengan jumlah dua atau tiga buku. Akar ini berperan sebagai alat untuk menjaga tanaman tetap tegak.

Batang Jagung

Ciri-ciri dari bentuk batang jagung yaitu berbentuk silindris, tidak bercabang, berdiri tegak, dan terdiri dari sejumlah ruas dan buku ruas tiap batang. Pada ruas batang dibungkus oleh pelepah daun yang berasal dari buku ruas batang.

Daun Jagung

Daun tanaman jagung memilki bentuk memanjang sejajar dengan induk tulang daun, memiliki garis tiap daun serta memiliki permukaan licin dan berbulu. Pada saat umur tanaman muda maka daun berwarna hijau muda, ketika umur tanaman jagung beranjak dewasa maka bewarna hijau tua dan apabila sudah memasuki masa tua daun tersebut bewarna kuning.

Bunga Jagung

Bunga jagung terdiri atas bunga jantan dan betina, dimana bunga tersebut berada didalam satu tanaman namun letak antara bunga jantan dan betina terpisah. Oleh karena itu jagung disebut sebagai tanaman monoeciuos.

Setiap kuntum bunga yang ada pada tanaman jagung memiliki struktur yang tersendiri ( Khas ) dari kelompok poaceae yang disebut floret.

Baca juga : Cara Budidaya Jagung Agar Produksi Tinggi

Proses penyerbukan yang dilakukan oleh bunga jantan 2 -5 hari lebih dulu daripada bunga betina. Kegiatan Penyerbukan dapat terjadi apabila adanya bantuan angin yang membawa serbuk bunga. Bagian serbuk yang terdapat pada bunga jagung bewarna kuning serta memiliki aroma khas.

Tongkol Jagung

Tongkol Tanaman Jagung

Tongkol Tanaman Jagung

Tongkol tumbuh dari buku – buku jagung yang terletak antara batang dan daun. Pada umumnya tongkol yang dihasilkan dari satu tanaman jagung berjumlah satu buah hingga dua buah tongkol pertanaman. Akan tetapi, biasanya tanaman jagung hanya menghasilkan satu tongkol yang produktif.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan pembaca.

Artikel terkait Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung