Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian – Durian atau lebih dikenal dengan sebutan Durio zibethinus murr. Kali ini kita akan membahas salah satu tanaman yang memiliki aroma yang khas. Banyak masyarakat tidak suka tanaman ini karena baunya akan tetapi sebagian kalangan sangat menggemari buah tanaman ini karena memilki kelezatan istimewa.

Tanaman Durian merupakan salah satu jenis tanaman buah yang tumbuh sangat baik didaerah tropis. Habitat asli tanaman ini berada di hutan belantara di daerah dengan kondisi cuaca panas. Perlu diketahui bahwa pengembangan tanaman durian ini baik dilakukan pada daerah dengan ketinggian 800 mdpl dan pada suhu kisaran 25 – 32 celcius, serta pada kelembaban sekitar 80%.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kumis Kucing

Tanaman durian ini masuk kedalam golongan famili “ Bombacaceae “ dengan genus “ Durio “. Agar dapat lebih memahami tanaman ini berikut akan dibahas tentang Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian

Klasifikasi Tanaman Durian

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub Divisi : Dicotyledonae

Ordo : Bombacales

Famili : Bombacaceae

Genus : Durio

Spesies : Durio zibethinus Murr

Morfologi Tanaman Durian

1. Daun

Daun tanaman durian memiliki bentuk jorong lanset dengan ukuran panjang antara 10 -17 cm dan memilki lebar daun 3-4,5 cm. Daun durian pada umumnya terletak berselingan antara daun ke daun, bertangkai, pangkal lancip, dan lancip melandai. Apabila diamati lebih dekat daun durian berwarna hijau pada bagian atas dan berwarna perak keemasaan pada bagian bawah serta berbulu halus menyerupai bintang.

2. Batang

Batang durian merupakan jenis tanaman batang berkayu dengan bentuk batang berbentuk silindris. Batang tanaman ini banyak dipergunakan masyarakat sebagai bahan perabitan rumah atau pun bahan bangunan karena sesuai dengan arah tumbuh batang tegak lurus condong ke atas.

3. Bunga

Bunga durian tampak pada batang atau cabang – cabang yang tua dibagian pangkal (proximal) dengan berkelompok. Kelompok bunga-bunga tersebut terdiri dari 3-10 kuntum bunga yang mana kuntum tersebut berbentuk tukal atau mala rata serta kuncup bunga membulat. Pada kelopak bunga tanaman ini berbentuk tabung  dengan ukuran panjang sekitar 3 cm. daun kelopak tambahan durian terpecah menjadi 2-3 bagian cuping yang berbentukseperti bundar telur.

4. Akar

Akar durian merupakan jenis akar tunggang dengan bentuk akar tunggal.

5. Buah

Buah durian bertype seperti kapsul dengan bentuk bulat atau bulat telur hingga bulat lonjong dan berdiameter sekitar 20-25 cm. Pada bagian kulit buah berstruktur tebal bewarna hijau kekuningan, kecoklatan hingga keabuan. Buah tanaman durian memilki permukaan kulit berduri atau bersudut tajam meskipun duri ini bukan dalam pengertian botani.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

Buah akan berkembang tumbuh setelah terjadi pembuahan dan memerlukan waktu antara 90 -130 hari hingga siap dipanen. Pada masa perkembangan terjadi persaingan antar buah pada satu kelompok buah hingga pada akhirnya hanya ada satu atau dua yang mencapai proses kemasakan. Buah masak dapat diketahui apabila buah tersebut jatuh ke tanah atau terlepas dengan sendirinya dari batang. Sedangkan untuk ukuran berat dari buah duren dapat mencapai berat 1,5 hingga 5 kg.

Setiap buah memiliki beberapa ruang antara 3 – 5 ruang tempat jumlah biji durian. Jumlah butir biji yang terdapat pada ruang buah durian berkisar 1- 6 biji. Biji durian tersebut berbentuk bulat lonjong dengan ukuran panjang sekitar 4 cm bewarna merah coklat. Biji tersebut terbungkus oleh arilus atau terbungkus daging buah yang bewarna putih hingga kuning keemasan namun untuk ketebalan daging biji tergantung dari jenis buah.

Demikianlah penjelasan dari Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian (Durio zibethinus murr ). Semoga tulisan ini dapat menjadi sumber untuk menambah wawasan pembaca.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Artikel terkait Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian