Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam

Tanaman Bayam

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam

 

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam – Bayam dikenal dengan bahasa latin “ Amaranthus sp. “ merupakan salah satu tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan didaerah dataran rendah dan tinggi. Bayam merupakan tumbuhan hijau yang sering di tanam untuk dikonsumsi daunnya. Secara umum terdapat dua jenis bayam yang dapat ditanami untuk dibudidayakan yaitu bayam putih ( Amaranthus tricolor ) dan bayam cabut ( Amaranthus hibrydus L ).

Meskipun sama-sama tanaman bayam dan masih berfamili dengan bayam-bayaman ( Amaranthuscea ) kedua jenis tanaman tersebut mempunyai perbedaan yang jauh. Perbedaan tersebut sangat menonjol terlihat dari bentuk daun, cabang batang serta bunga. Agar lebih jelas berikut akan dipaparkan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman bayam

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi Tanaman Bayam

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Spermatophyta

Division : Magnoliophyta

Class : Magnoliophyta

Sub Class : Caryophyllidae

Famili : Amaranthacea

Genus : Amaranthus

Species : Amaranthus L. ( Amaranthus sp. )

Morfologi Tanaman Bayam

Berikut akan dijelaskan mengenai morfologi dan anatomi tanaman bayam berdasarkan bentuknya yaitu berupa daun, batang, akar, bunga dan biji.

a. Akar

Sistem perakaran semua tanaman bayam sama yaitu berupa akar tunggang dan serabut pada bagian atas. Akar tanaman ini dapat menembus kedalam tanah hingga 20-40 cm bahkan dapat lebih tergantung dari media tanah.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

b. Batang

Tanaman bayam mempunyai batang dengan bentuk kondisi tegak, batang tebal, dan mengandung banyak air. Batang tanaman ini berukuran panjang hingga 0.5-1 meter dan bercabang monodial. Secara umum warna batang bayam bewarna hijau namun ada juga bewarna merah tergantung dari jenis bayam tersebut.

c. Daun

Memiliki daun tunggal dan daun tanaman ini secara umum bewarna hijau muda dan tua. Tetapi, ada juga bayam yang memiliki daun bewarna merah tergantung jenisnya. Bentuk daun berupa bulat memanjang dan oval. Kemudian panjang daun berukuran 1.5 cm hingga 6 cm, sedangkan untuk lebar daun berukuran 0.5-3.2 cm. Terdapat tangkai dibagian daun dengan bentuk bulat serta opacus. Untuk ukuran tangkai daun yaitu berukuran 0.5-9.0cm.

d. Bunga

Tanaman bayam memiliki bunga bayam berkelamin tunggal, warna hijau tua dan terdapat mahkota yang terdiri dari daun bunga dengan jumlah 4-5 buah, benang sari 1-5 dan bakal buah dengan jumlah 2-3 buah serta bagian lainnya untuk membantu penyerbukan.

Ukuran dari bunga bayam ini tergolong kecil yaitu 1.5-2.5 mm panjangnya. Untuk membedakan antara bunga jantan dan betina pada bayam yaitu bunga jantan memiliki bentuk bulir sedangkan bunga betina berbentuk bulat dan terdapat diketiak batang. Biasanya proses penyerbukan bunga dilakukan dengan bantuan hewan sekitar ataupu angin.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

e. Buah

Adapun buah bayam memiliki cirri fisik bewarna hijau dan berbentuk lonjong dengan panjang 1.5 mm.

f. Biji

Tanaman Bayam memiliki biji berukuran kecil dan halus, dimana warna dari biji tersebut bewarna hitam mengkilat dengan ukuran 0.8-1 mm.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang mengenal klasifikasi dan morfologi tanaman bayam. Semoga artikel ini dapat berguna untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.

Artikel terkait Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam