Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu –  Tanaman hias ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan kembang sepatu. Tanaman ini berasal dari daerah timur tengah dan memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. Penyebaran bunga kembang sepatu ini sangat luas di daerah beriklim tropis dan sub tropis termasuk Negara Indonesia. Akan tetapi Sebutan untuk tanaman hias ini ditiap daerah berbeda pula namanya seperti Waribang ( Bali ), Ulange ( Sulawesi ), dan Kembang sepatu, kembang worawari ( Jawa dan Sumatera ).

Tanaman yang memiliki ciri umum dengan bentuk besar, bewarna merah dan tidak bau ini termasuk jenis tanaman hias dari berbagai kultivar dan hibrida.

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu

Klasifikasi bunga sepatu

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Malvales

Famili : Malvaceae

Genus : Hibicus

Spesies : Hibicus rosa-sinensis L.

Morfologi bunga sepatu

Habitus

Hibiscus rosa  ( kembang sepatu ) merupakan salah satu tanaman perdu dengan pertumbuhan ketinggian tanaman mencapai sekitar 2 meter.

Akar

Sistem perakaran bunga sepatu berupa akar tunggang.

Batang

Pada bagian batang, bunga sepatu memiliki bentuk batang bulat, berkayu, keras dan berdiameter berkisar 9 cm. Namun, Pada saat umur masih muda warna batang yaitu bewarna ungu kemudian ketika umur kembang sudah tua warna akan berubah menjadi warna putih kotor.

Daun

Merupakan daun tunggal dengan beringgit serta pada ujung daun berbentuk runcing. Ukuran panjang sekitar 10 – 16 cm, lebar 5 – 11 cm dan memiliki ciri umum bewarna hijau.

Bunga

Klasifikasi bunga sepatu

Klasifikasi bunga sepatu

Pada bagian bunga terdiri dari 5 helai daun serta dilindungi oleh beberapa kelopak tambahan ( epicalyx ). Sehingga secara sepintas terlihat seperti terdiri dari dua lapis kelopak bunga. Secara umum, Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar bagian namun dapat lebih apabila berasal dari hibrida.

Bunga berbentuk trompet ber-diameter sekitar 6 – 20 cm. Sedangkan, Pada tangkai putik memiliki bentuk silinder panjang. dimana tangkai putik ini dikelilingi oleh tangkai sari berbentuk oval serta bertaburan serbuk sari. Putik bunga ini menjulur keluar serta ketika bunga bermekaran posisi hadap mekar kearah atas, samping dan bawah. Adapun warna bunga kembang sepatu sering dijumpai yaitu bewarna Merah, Merah jambu, kuning, dan kuning bergaris merah

Buah

Secara umum tanaman ini bersifat steril atau tidak menghasilkan buah. Untuk perkembang biakan tanaman yaitu dengan cara stek, cangkok, dan penempelan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L). Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Baca Juga :

Artikel terkait Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sepatu