Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar – Salah satu jenis tanaman hias terpopuler dari zaman dahulu hingga sekarang yaitu Bunga Mawar. Mawar (Rosa Sp) yang selalu diberikan sebagai tanda kasih sayang ini menjadi pilihan utama bagi pecinta tanaman hias. Asal usul perkembangan bunga ini pertama kali berasal dari cina, timur tengah, dan eropa timur. selanjutnya, perkembangan tanaman hias bunga mawar ini menyebar hingga ke indonesia.

Gambar Bunga Mawar Merah

Gambar Bunga Mawar Merah

Spesies dari mawar terdapat sebanyak sekitar 100-150 tumbuh dialam liar. seiring berkembangnya zaman terutama perkembangan ilmu botani, tanaman hias mawar telah dilakukan perbanyakan spesies dengan menggunakan metode persilangan dan rekayasa genetika.

Tanaman hias bunga mawar masih berfamili dengan Rosaceae. Meskipun, sebenarnya mawar bukan tanaman tropis namun mampu tumbuh didaerah beriklim subtropis dan tropis. Berikut akan dijelaskan klasifikasi dan morfologi bunga mawar yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga : Klasifikasi dan  Morfologi Bunga Sepatu

Klasifikasi Bunga Mawar

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub Divisi : Angiospermae

Kelas : icotyledonae

Ordo : Rosanales

Famili : Rosaceae

Genus : Rosa

Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Morfologi Bunga Mawar

1. Akar Bunga (Radix)

Akar pada bunga mawar berfungsi sebagai alat penopang tegakan tubuh tanaman dan untuk menyerap air serta unsur hara secara maksimal bagi tanaman dari dalam tanah. akar mawar merupakan akar tunggang yang berbentuk bulat memanjang kebawah tanah.

2. Batang

Batang bunga rosa sp. bewarna hijau lumut dan abu-abu. Pada perawatan bunga mawar anda haru berhati hati terhadap bagian batangnya. karena, batang bunga memilki duri yang cukup tajam untuk melukai tubuh. Bagian batang berfungsi sebagai tempat melekatnya bunga, proses pengangkut mineral, air dan zat makanan.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

3. Daun

Daun berfungsi sebagai alat untuk proses fotosintesis dan pengolahan zat makanan untuk didistribusikan keseluruh bagian tubuh tanaman. Bunga ini memiliki daun majemuk bewarna hijau dan hijau muda. Sebanyak 5-9 anakan daun terdapat dalam satu cabang batang bunga. Daun mawar sendiri berbentuk bulat kecil dengan rata-rata berukuran 2-3 cm bergerigi dan ada juga meruncing.

4. Bunga

Bunga dari tanaman hias mawar merupakan majemuk yang terdiri dari kumpulan benang dan putik. Memilki bentuk bulat yang terdiri dari 20-26 lapisan bahkan lebih tergantung dari besar kecilnya ukuran bunga tersebut. Warna yang dihasilkan oleh bunga bervariasi tergantung jenis tanaman hias mawar, ada bunga bewarna merah, putih dan juga kekuningan. Fungsi dari bunga pada mawar yaitu sebagai pemikat hewan untuk hinggap ditanaman untuk membantu proses penyerbukan benag sari dan putik.

5. Buah

Buah mawar terdapat pada bagian bunga ini sebabnya banyak yang mengira mawar tak memiliki buah. Buah mawah berbentuk biji yang dibungkus oleh bunga dan bewarna coklat kehitaman. adapun bentuk dari buah mawar berbentuk oval. serta, bagian dalam buah bewarna keputihan dan kecoklatan.

itulah beberapa penjelasan mengenai klasifikasi dan morfologi bunga mawar. semoga dengan mengenal bagian mawar and terbantu dalam perawatan bunga tersebut.

Baca Juga : Klasifikasi Bunga Alamanda dan Morfologinya

Artikel terkait Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar