Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Manfaat Mesin Pertanian Untuk Peningkatan Hasil Produksi Pertanian dan Perkebunan di Indonesia

Manfaat mesin pertanian pertanian dan perkebunan – Seperti diketahui bahwa banyak masyarakat yang menggantungkan ekonominya pada bidang pertanian dan perkebunan. Mereka disebut sebagai petani seperti Petani Padi, Petani Jagung, Cabe, Kelapa Sawit, Karet, Kakao, Kopi dsb.

Dengan semakin berkembang dan maju zaman saat ini tentunya semakin banyak pula kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Sehingga banyak petani berpikir keras dan mencari cara bagaimana agar hasil yang diterima dari berbudidaya tanaman pertanian, perkebunan tinggi dan memilki kualitas baik sesuai dengan permintaan pasar.

Mesin Pertanian

Mesin Pertanian

Mesin Pertanian adalah istilah dari semua alat – alat yang digunakan dibidang pertanian dan perkebunan. Sehingga pengerjaan kegiatan pertanian dan perkebunan dapat terselesaikan tepat waktu, biaya rendah, kualitas hasil baik.

Tetapi tidak jarang juga banyak petani di indonesia tidak mengenal apa itu yang disebut mesin pertanian?, apa manfaat penggunaannya?, Bagaimana penggunaannya?. Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita ulas satu persatu.

Apa itu mesin pertanian ?

Seperti kalimat saya sebelumnya bahwa disini kita akan mengulas Apa?, Bagaimana?, dan Apa Manfaat Mesin pertanian?, Apabila anda seorang petani pasti anda sering menggunakan cangkul, garpu rumput, parang, tugal, knapsack dll. Ya, alat-alat tersebut merupakan salah satu contoh dari mesin pertanian namun alat tersebut merupakan mesin pertanian manual. Perlu diketahui bahwa mesin pertanian ada 2 jenis yaitu Mesin Pertanian Manual ( Zaman Dahulu ) dan Modern ( Pada zaman berkembang dan maju seperti saat ini ).

1. Mesin Pertanian Konvensional ( Manual )

Untuk alat pertanian manual adalah alat pertanian yang digunakan dalam proses olah pertanian yang masih menggunakan sebagian besar tenaga manusia. Agar alat ini dapat berfungsi dan hasil yang diperoleh terbatas. Alat ini cocok dan sering digunakan oleh petani yang memilki luas areal lahan yang sedikit. Anggaran tuk pengolahan lahan rendah dan alat ini dapat digunakan pada semua jenis komoditi pertanian dan perkebunan. Cangkul, parang dsb merupakan contoh dari alat Pertanian Manual.

2. Mesin Pertanian Modern

Seiring berkembangnya zaman maka berkembang juga kemajuan teknologi mesin salah satunya teknologi pertanian dan perkebunan, tidak bisa kita pungkiri bahwa pada zaman sekarang mesin modern memilki peran penting dalam kemajuan bidang pertanian dan perkebunan. Mesin Pertanian Modern yaitu suatu alat yang digunakan oleh petani atau pengusaha dibidang agrobisnis untuk pengolahan lahan maupun bahan dasar menjadi bahan jadi hasil pertanian dimana tenaga manusia tidak terlalu besar dibutuhkan sehingga pengolahan lebih praktis, efisien, efektif dan menghasilkan keuntungan yang berlipat lipat.

Adapun kelemahan penggunaan alat pertanian modern ini yaitu tidak semua petani dapat menyediakan alat ini karena tesandung dengan keterbatasan anggaran biaya untuk penyediaan alat ini sebab untuk medatangkan alat pertanian modern sangatlah besar dan alat ini hanya digunakan untuk pengolahan lahan dalam scala besar. Traktor merupakan salah satu contoh alat pertanian modern

Apa Manfaat Penggunaan Mesin Pertanian ?

Mesin Pertanian

Mesin Pertanian Traktor

Sangat jelas bahwa manfaat dari penggunaan alat pertanian modern banyak, petani dapat lebih mudah mengolah lahan pertanian dan perkebunan yang luas, masalah ketersediaan tenaga yang kurang dapat tertasi, biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah ( biaya tinggi hanya pada saat pembelian pertama mesin ), kualitas dan kuantitas pekerjaan dapat  lebih baik, waktu penyelesaian proyek pengolahan lahan lebih cepat, dan keuntungan hasil produksi lebih besar.

Bagaimana Penggunaannya?

Untuk penggunaannya mudah dipelajari. Karena setiap membeli alat pertanian dan perkebunan selalu ada sosialisai dari pihak perusahaan penyedia barang. Serta selalu diberikan buku panduan penggunaan alat tersebut. Tetapi yang harus selalu kita ingat bahwa setiap bekerja pastikanlah penggunaan Alat Pelidung Diri terpasang. Kemudian bertanyalah kepada yang lebih berpengalaman menggunakan alat tersebut. Dinegara indonesia kita ini masih sedikit petani yang menggunakan alat konvensional, sehingga hasil yang diperoleh belum memuaskan baik dari segi kualitas, kuantitas, hingga ekonomi. Hal ini terjadi karena tersandung dari sisi keterbatasan biaya. Tidak luput juga banyak petani yang mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk mengatasi segala kekurangan yang ada pada petani indonesia.

Demikianlah pembahasan dari manfaat mesin pertanian, Hal yang harus selalu kita ingat bahwa memang orang lain ( pemerintah ) berperan dalam kesuksesan seseorang tetapi tanamkanlah pada diri bahwa kita ( petani ) sukses karena diri sendiri. JAYALAH PETANI INDONESIA

Baca Juga : Teknik Budidaya Tanaman Karet Unggul Yang Baik Dan Benar

Artikel terkait Manfaat Mesin Pertanian Untuk Peningkatan Hasil Produksi Pertanian dan Perkebunan di Indonesia