Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh – Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang asli berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman kunyit ini biasanya dijadikan sebagai bahan bumbu penyedap rasa masakan. Akan tetapi, Tahukah anda selain berguna sebagai bumbu penyedap rasa masakan tanaman kunyit juga dapat dijadikan sebagai obat herbal alami. Tanaman kunyit ini banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Manfaat Daun Tanaman Obat Kumis Kucing

Kunyit dengan ciri khas berwarna kuning menjadikannya sebagai tanaman yang mudah untuk dikenali oleh masyarakat. Meskipun banyak yang kenal dengan tanaman rempah ini namun banyak juga yang di mengetahui sejuta manfaat yang terkandung didalam rempah ini untuk kesehatan tubuh. Pasti diantara kamu pernah bertanya apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh ?, Apa zat yang terkandungan didalam kunyit?. Nah berikut akan dijelaskan jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut.

Apa saja zat yang terkandung didalam kunyit

Sebagian masyarakat hanya mengenal tanaman kunyit sebagai tanaman rempah-rempah, namun sebenarnya tanaman kunyit ini menyimpan sejuta rahasia yang dapat digunakan untuk kesehatan. Sebelum kita akan membahas apa saja manfaat kunyit, nah tentu bagi anda yang ingin lebih mengetahui tanaman herbal ini pastinya akan ingin mengetahui juga apa saja zat yang terkandung dialam kunyit.  Zat yang ada terkandung didalam tanaman kunyit sebagai berikut :

  1. Zat kurkumin yang terdiri dari Zat desmetoksikumin sebanyak 10 % dan Zat bidemetoksikurkumin sebanyak 1,5 %
  2. Minyak astiri terdiri dari tumeron sebanyak 60 %, keton sesquiterpen, zingiberen sebanyak 25%, sabinen, borneol, sineil, dan felandren.
  3. Kandungan lemak sebanyak 1 – 3 %
  4. Karbohidrat sebanyak 3%
  5. Protein sebanyak 30%
  6. Pati sebanyak 8%
  7. Vitamin C sebanyak 45-55%.
  8. Dan kandungan lain seperti fosfor, zat besi serta kalium.

Apa Saja Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit merupakan jenis tanaman rempah yang sudah tidak asing didengar, karena kunyit sangat dibutuhkan sebagai bumbu pada beberapa jenis makanan tertentu. Saat ini kunyit tidak hanya dikonsumsi sebagai penyedap masakan, saat ini banyak masyarakat saat ini mengkonsumsi kunyit sebagai obat herbal alami. Nah, pasti ada penasaran apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan?. Berikut akan dibahas apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan.

1. Kunyit Sebagai ramuan anti peradangan tubuh

Peradangan merupakan gejala awal yang terjadi dari cikal bakal munculnya berbagai penyakit didalam tubuh. Penyakit akan tibul dapat berupa penyakit ringan hingga penyakit berat atau penyakit kronis. Didalam tanaman kunyit terdapat kandungan senyawa kurkumin yang tinggi. Senyawa kurkumin bersifat antioksidan dan anti tumor sehingga senyawa ini sering juga disebut sebagai agen anti peradangan atau agen anti inflamasi.

2. Kunyit dapat meredakan penyakit diare

Tanaman kunyit ini banyak mengandung magnesium dan kalium yang berfungsi sebagai unsur untuk membantu melawan dehidrasi serta menyeimbangkan cairan tubuhyang habis akibat terkuras oleh serangan penyakit diare.

3. Kunyit bermanfaat untuk menghilangkan penyakit nyeri punggung

Manfaat lain dari tanaman kunyit bewarna kuning ini yaitu mampu menghilangkan penyakit nyeri punggung. Hal ini disebabkan karena tanaman kunyit mengandung zat yang dapat mengurangi kadar prostaglandin dan interleukin didalam tubuh sehingga kunyit juga dikenal sebagai aspirin alami.

4. Kunyit mampu mencegah diabetes

Kunyit mempunyai manfat sebagai obat yang mamapu mencegah penyakit diabetes. Kandungan yang ada didalam tanaman kunyit ini juga dapat mengurangi resistensi insulin didalam tubuh.

Baca Juga : Si Merah Buah Delima Yang Bermanfaat Mengatasi Jerawat

5. Manfaat kunyit untuk menghaluskan kulit

Coba anda perhatikan masker-masker atau jamu perawatan kulit tradisional  yang ada saat ini. Pasti anda akan menemukan tanaman kunyit sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Hal ini disebabkan oleh manfaat kandungan yang ada didalam kunyit yaitu berupa antioksidan yang berguna untuk membersihkan sel kulit mati dan penghalus kulit.

6. Kunyit mampu meredakan maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang bagian organ saluran cerna didalam tubuh yaitu or gan lambung. Organ lambung berfungsi sebagai alat pencernaan makanan dan minuman didalam tubuh. Penyakit kit maag juga dikenal didunia medis sebagai penyakit radang lambung. Penyakit ini terjadi oleh beberapa faktor yaitu seperti pola makan yang tidak teratur dan adanya infeksi bakteri yang merusak dinding organ lambung.

Baca Juga : Ramuan Yang Dapat Menyembuhkan Sakit Perut

Tanaman kunyit mampu meredakan penyakit maag, karena didalam kunyit terdapat kandungan senyawa curcuim yang berfungsi sebagai senyawa penghambat produksi asam lambung dan senyawa kurkuim pada kunyit ini dapat juga membantu menyembuhkan luka yang ada pada lambung.

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh, semoga dengan artikel ini dapat membantu rekan-rekan yang kesulitan dalam mencari tahu informasi apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh dan zat yang terkandung didalam tanaman kunyit. Terimakasih

Baca Juga : Ramuan Herbal Obat Kanker Payudara Yang Ampuh

Artikel terkait Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh