Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Manfaat Daun Tanaman Obat Kumis Kucing

Manfaat Daun Tanaman Obat Kumis Kucing – Tanaman kumis kucing merupakan tumbuhan yang bentuknya mirip seperti helaian bulu kumis kucing sering dijadikan oleh masyarakat sebagai tanaman obat berbagai macam penyakit. Berdasarkan taksonomi tumbuhan, tanaman obat kumis kucing  yang lebih dikenal dengan nama latin Orthosiphon aristatus termasuk kedalam golongan famili lamiceae tumbuh di berbagai daerah Indonesia.

Manfaat Daun Tanaman Obat Kumis Kucing

Manfaat Daun Tanaman Obat Kumis Kucing

Kumis kucing memiliki banyak sekali khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan terutama pada bagian daun tanaman ini. Berbagai Negara di dunia termasuk indonesia memanfaatkan tanaman kumis kucing ini sebagai tanaman obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti mengatasi radang ginjal, melancarkan air seni, mengobati rematik, menyembuhkan penyakit sembelit, masuk angin, encok dan lain-lain. Berikut akan dijelaskan apa saja manfaat daun tanaman obat kumis kucing untuk kesehatan yaitu sebagai berikut :

Manfaat Daun Tanaman Obat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

1.  Mengatasi Radang Ginjal

Radang ginjal merupakan penyakit yang mengganggu fungsi sistem organ tubuh ginjal seperti fungsi menyaring dan membuang semua kotoran yang masuk kedalam tubuh. Gejala dari penyakit radang ginjal dapat dilihat dari tanda – tanda seperti sakit pada bagian pinggang, air seni berkurang, cairan air seni keruh bahkan disertai dengan adanya darah, mata bengkak, perut buncit serta terjadi demam.

Jika hal ini dibiarkan terjadi tidak dilakukan pencegahan maka penyakit ini dapat bertambah semakin parah. Oleh karena itu, kumis kucing dapat dijadikan sebagai tanaman obat untuk membantu mengatasi semua masalah tersebut secara baik dan efektif.

2. Daun Tanaman Obat Kumis Kucing Untuk Mengobati Penyakit Rematik

Daun kumis kucing dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati penyakit rematik. Rematik merupakan penyakit yang menyerang bagian persedian, urat dan otot tubuh. Pengobatan yang dilakukan untuk mengobati penyakit rematik ini menggunakan daun kumis kucing biasanya hanya untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan dan menjaga fungsi persendian gara selalu tetap baik dan sehat.

Penyakit rematik sampai saat ini belum diketahui penyebabnya secara pasti, akan tetapi penyebab penyakit ini diduga terjadi oleh beberapa faktor seperti genetik, faktor infeksi oleh virus, dan faktor perubahan hormone pada tubuh.

Gejala terjadinya terserang penyakit rematik dapat dilihat dengan ciri – ciri sebagai berikut :

  • Bagian anggota gerak terasa nyeri
  • Bagian otot terasa lemah
  • Adanya peradangan dan bengkak pada persedian tubuh
  • Adanya bunyi pada bagian sendi
  • Bagian sendi goyah
  • Terdapat benjolan atau nodul

Cara menggunakan daun kumis kucing untuk mengobati rematik yaitu sebagai berikut :

  • Rebus 5 helai daun beserta daun meniran dengan 3 gelas air putih
  • Diamkan air rebusan hingga dingin
  • Setelah air rebusan dingin maka air tersebut diminum 3 kali sehari dengan masing setengah gelas.

3. Menyembuhkan Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan penyakit nyeri yang terjadi pada bagian tubuh pinggang. Penyebab penyakit biasanya terjadi akibat jarang berilahraga, penggunaan high hill yang lama, gangguan pada struktur tulang belakang dan posisi tidur yang salah.

Penyakit sakit pinggang dapat disembuhkan dengan menggunakan tumbuhan kumis kucing. Cara membuat ramuan kumis kucing sebagai obat sakit pinggang yaitu dengan merebus beberapa lembar daun kumis kucing hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin kemudian minumlah air tersebut secara rutin dan teratur.

4. Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Penyakit Kencing Batu

Manfaat lain dari tanaman kumis kucing yaitu dapat mengobati penyakit kencing batu. Penyakit kencing batu merupakan penyakit yang terjadi pada bagian saluran kemih berupa infeksi, metaplasia dan obstruksi. Biasanya akan timbul rasa nyeri, penyumbatan aliran kemih, pendarahan atau infeksi bila terkena penyakit ini.

Gejala yang timbul disebabkan penyakit ini dapat dilihat sebagai berikut :

  • Terjadi rasa nyeri hebat di daerah bagian antara tulang rusuk dan tulang pinggang menjalar ke bagian perut
  • Terasa mual dan muntah pada tubuh
  • Demam
  • Adanya pendarahan diair kemih.

Cara menggunakan daun kumiskucing untuk mengobati penyait kencing batu yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan daun kumis kucing segar sebanyak 90 gr.
  • Air putih 1 gelas.
  • Rebus daun kumis kucing dengan air hingga air rebusan menyisakan setengah gelas.
  • Minum air ramuan tersebut secara rutin 3 kali sehari.

Demikian beberapa informasi manfaat daun tanaman obat kumis kucing untuk mengobati penyakit, semoga dengan artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan. Perlu diingat bahwa sebelum menggunakan obat herbal terlebih dahulu baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kumis Kucing

Artikel terkait Manfaat Daun Tanaman Obat Kumis Kucing