Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang – Tanaman pisang yang memiliki nama latin Musa paradisiaca menjadi tanaman populer untuk dibudidayakan masyarakat. Hal ini dapat dilihat hampir di setiap rumah – rumah tumbuh tanaman ini. Pisang merupakan salah satu tanaman berjenis tumbuhan terna raksasa dengan ukuran daun lebar dan mempunyai ukuran batang cukup besar. Tanaman yang termasuk suku Musaceae ini diperkirakan berasal dari daerah asia tenggara dan sangat baik dibudidayakan didaerah tropis maupun sub tropis. Menurut beberapa pakar botani, tanaman pisang terbagi menjadi beberapa jenis yaitu Musa Cavendish, M. sinensis, M. brachycarpa, dan M. paradisiacal normalis.

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa jenis tanaman pisang dapat dikonsumsi dan ada pisang tidak layak untuk dikonsumsi. Pisang yang layak konsumsi seperti pisang raja, pisang kapok dan lainnya. Sedangkan untuk pisang yang tidak layak konsumsi seperti pisang hias, pisang kipas serta pisang abaka. Berdasarkan taksonomi tumbuhan maka berikut akan dijelaskan klasifikasi dan morfologi tanaman pisang yaitu sebagai berikut

Klasifikasi Tanaman Pisang

Berikut akan diterangkan tentang klasifikasi tanaman pisang :

Kingdom              : Plantae

Divisi                      : Magnoliophyta ( Tumbuhan Berbunga )

Kelas                     : Liliopsida ( Berkeping satu /monokotil )

Ordo                      : Musales

Famili                    : Musaceae ( Suku pisang pisangan )

Genus                   : Musa

Spesies                 : Musa paradisiaca

Morfologi Tanaman Pisang

Akar

Sistem perakaran tanaman pisang merupakan akar serabut dan sama sekali tidak memiliki akar tunggang. Pertumbuhan akar pisang tumbuh berkumpul mengarah kesamping dengan ukuran akar 4-5 meter panjangnya. Sedangkan pertumbuhan akar kedalam tanah hanya mencapai kedalaman sekitar kurang dari 2 meter dibawah permukaan tanah.

Baca Juga : Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

Batang

Bagian batang tanaman psang dibedakan menjadi 2 jenis yaitu batang asli dan batang semu. Batang asli merupakan jenis batang yang tumbuh dengan memiliki banyak mata tunas tempat pertumbuhan akar. Batang asli dapat ditemukan dibagian pangkal bawah permukaaan tanah. Sedangkan, batang semu merupakan batang yang terbentuk dari kumpulan pelepah daun, tegak dan tumbuh dengan kokoh diatas permukaan tanah.

Daun

Daun tanaman pisang mempunyai ciri ciri berbentuk lebar bulat dan memanjang dengan pertulangan daun berbentuk menyirip. Daging daun pisang tipis dengan warna hijau dan padaatas permukaan mapun bawah permukaan daun terdapat lapisan lilin.

Bunga

Bunga pisang yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan jantung pisang mempunyai ciri ciri seperti organ jatung dengan warna merah keunguan. Bunga tanaman pisang tumbuh pada bagian ujung batang, dan terdiri dari bunga jantan serta bunga betina.

Buah

Buah tanaman pisang ini tersusun oleh tandan buah dimana dalam 1 tanadan terdapat beberapa sisir pisang. Dalam satu sisir pisang terdapat 8 – 21 buahtergantung dari jenis varietas pisang. Tekstur daging buah pisang sangat lunak dan terasa manis ketika buah sudah dalam keadaan matang. Namun, ketika buah masih dalam keadaan mentah tekstur daging keras. Ciri – ciri lainnya buah pisang yaitu buah bewarna hijau tua ketika buah masih dlam keadaan mentah, sedangkan buah pisang yang matang memiliki ciri ciri bewarna kuning. Buah pisang berbentuk bulat panjang melengkung dengan ukuran panjang 5 – 20 cm.

Budidaya tanaman pisang tidak lah sulit sebab tanaman ini dapat tumbuh dengan perawatan tanaman yang tidak terlalu maksimal. Buah pisang banyak digemari masyarakat karena memiliki banyak manfaat menakjubkan dari buah pisang. Buah pisang juga kaya akan berbagai macam vitamin seperti vitamin c, B, B6 dan serotonim. Dengan mengetahui ciri – ciri, klasifikasi dan morfologi tanaman pisang dapat memberi pengetahuan tentang pisang.

Artikel terkait Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang