Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Klasifikasi dan Morfologi Eceng Gondok

Mengetahui Klasifikasi dan Morfologi Eceng Gondok – Tanaman eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup serta tumbuh di daerah perairan dan jenis tumbuhan mengapung. Tanaman ini memiliki banyak nama sebutan tergantung daerah asal sebutan seperti Palembang menyebut kelipuk, manado menyebut tumpe, dan lain-lain. Eceng gondok oleh masyarakat dianggap sebagai tumbuhan gulma karena pertumbuhan eceng gondok yang cepat dapat menyebabkan terhambatnya sinar masuk ke daerah perairan.

Klasifikasi dan morfologi eceng gondok

Carl Friedrich Philipp von Martius merupakan seorang ahli botani jerman yang pertama kali menemukan eceng gondok pada abad ke-19 di sungai Amazon, Brazil ketika perjalanan ekspedisi. Berdasarkan botani tumbuhan eceng gondok dapat diklasifikasi dan morfologi sebagai berikut :

Baca juga : Mengetahui Klasifikasi dan Morfologi Bawang Merah

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Viridiplantae

Infra Kingdom : Streptophyta

Super Divisi : Embryophyta

Divisi : Tracheophyta

Sub Divisi : Spermatophytina

Kelas : Magnoliopsida

Super Ordo : Lilianae

Ordo : Commelinales

Famili : Pontederiaceae

Genus : Eichhornia kunth

Spesies : Eichhornia crassipes (Mart.) Solms

Morfologi Tumbuhan Eceng Gondok

Tumbuhan eceng gondok tumbuh berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tanaman eceng gondok yang diletakkan selama 8 bulan akan dapat bertambah jumlah eceng gondok baru. Pertumbuhan eceng gondok cepat dan tumbuh hingga ketinggian 40 -80 cm.

Akar Eceng Gondok

Akar eceng gondok merupakan jenis akar serabut, tidak bercabang dan memiliki tudung akar. Akar tanaman eceng gondok tumbuh serabut akar berupa bulu-bulu akar yang berfungsi sebagai penahan atau jangkar penahan tanaman tersebut. Akar eceng gondok dapat menyerap partikel atau lumpur yang terlarut ddidalam air. Tanaman ini juga memiliki kantung akar bewarna merah bila terkena sinar matahari pada ujung-ujung akar eceng gondok.

Daun

Daun eceng gondok memiliki lapisan rongga udara pada bagian dalam daun yang berfungsi sebagai alat pengapung tanaman ini. Daun tanaman eceng gondok termasuk kedalam jenis daun makrofita yang terletak di atas permukaan air. Tangkai daun tanaman ini berbentuk bulat dan berongga-rongga, namun rogga tersebut dibatasi oleh dinding selaput bewarna putih. Stomata eceng gondok memiliki ukuran yang lebih besar 2 kali dibanding tanaman – tanaman lain.

Bunga

Bunga eceng gondok merupakan jenis bunga majemuk yang memiliki jumlah sekitar 6 hingga 35. Bunga tanaman ini berbentuk seperti karangan bulir – bulir dengan putik tunggal. Sedangkan untuk tangkai dan mahkotanya tanaman ini memiliki mahkota bewarna lembayung muda.

Demikianlah artikel dengan beberapa ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi eceng gondok semoga tulisan ini menjadi bermanfaat bagi pembaca.

Baca Juga :

Klasifikasi Rumput Raja dan Morfologinya

Klasifikasi Bunga Alamanda dan Morfologinya

Artikel terkait Klasifikasi dan Morfologi Eceng Gondok