Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Klasifikasi dan Morfologi Buah Tin

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah TIN

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah TIN

Klasifikasi dan Morfologi Buah Tin – Pohon tin atau buah ara dikenal dengan nama latin Ficus carica L merupakan jenis tumbuhan pepohonan yang menghasilkan buah tin yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Asal muasal buah tin diperkirakan berasal dari Asia Barat pantai Balkan hingga tersebar keseluruh bagian asia. Sebutan nama “Tin” diambil dari bahasa arab akan tetapi beberapa masyarakat menyebutnya dengan nama “ara” atau “buah ara” dan dalam bahasa inggris buah tin disebut fig.

Buah tin memiliki rasa yang manis sehingga buah ini juga dikenal sebagai buah surga. Tanaman pohon tin masih tergolong kerabat pohon beringin karena berasal dari genus yang sama yaitu genus Ficus. Agar dapat lebih memahami taksonomi dari pohon tin atau buah atin maka berikut akan dijelaskan Klasifikasi dan Morfologi Buah Tin.

Klasifikasi dan Morfologi Buah Tin

Berdasarkan taksonomi tumbuhan maka berikut akan dipaparkan penjelasan dari klasifikasi dan morfologi sert ciri-ciri buah tin.

Klasifikasi Buah Tin

Kingdom              : Plantae

Divisi                     : Magnoliophyta

Kelas                     : Magnoliopsida

Ordo                      : Rosales

Famili                   : Moraceae

Genus                   : Ficus

Subgenus             : Ficus

Spesies                 : Ficus carica L.

Morfologi Buah Tin ( Ficus carica L. )

Akar

Akar pohon tin memiliki sistem perakaran yang sama seperti tanaman bergenus lainnya yaitu berakar tunggang. Akar tin tumbuh dangkal dan dapat tumbuh menyebar hingga mencapai 3 kali lipat dari diameter tajuk tanaman tin sendiri ( Flaishman et al.,2008 ). Perakaran tanaman tin termasuk akar yang toleran terhadap jenis tanah yang kurang nutrisi ( Golombek and Liidders, 1993 ).

Batang

Batang tanaman buah tin dapat tumbuh mencapai ketinggian 3 – 10 meter. Batang pohon tin juga tumbuh bercabang dengan jumlah banyak percabangan. Meskipun batang tin besar dan tumbuh tinggi namun batang tanaman ini sangat sensitive terhadap panas sinar matahari. Kerusakan yang terjadi akbiat sensifitas dari batang terhadap panas yaitu adanya bercak – bercak putih dan apabila batang tanaman tin terluka akan mengeluarkan getah bewarna putih. Ciri-ciri batang buah tin umur muda yaitu bewarna hijau dan apabila sudah berumur tua maka batang tersebut bewarna kelabu.

Baca Juga : Klasifikasi Rumput Raja dan Morfologinya

Daun

Daun tanaman buah tin bertekstur kasar dengan ukuran panjang sekitar 6 – 18 cm dan ukuran lebar daun sekitar 5 – 15 cm. Daun tin berbentuk seperti telapak tangan namun agak melebar, dengan  tulang daun lateral pertama lurus dan menyudut ke ibu tulang serta dibagian pangkal daun membentuk pola tiga cabang. Pada saat daun rontok maka akan terdapat bekas getah putih yang berupa cincin di buku-buku ranting.

Bunga dan Buah

Buah tin merupakan bunga tanaman tin yang membentuk bulat. Buah tin memiliki ciri-ciri berbentuk bulat bewarna hijau, merah keunguan pada kuliat bagian luar tergantung jenis varietas. Dan pada bagian dalam bewarna merah dengan jumlah biji buah banyak. Berat buah tin yaitu sekitar 40 – 120 gram tergantung dengan jenis varietas tanaman tin.

Buah tin memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan karena buah ini mengandung banyak nutrisi seperti molekul gula, vitamin, zat besi, protein, kalsium dan mineral.  Salah satu dari manfaat buah tin yaitu buah tanaman tin ini sering dijadikan obat untuk mengatasi nyeri menstruasi dengan cara merebus buah tin. Pemahaman tentang taksonomi tumbuhan dari kasifikasi dan morfologi buah tin sangat perlu untuk menambah pengetahuan.

Baca Juga : Mengetahui Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya (Carica papaya)

Artikel terkait Klasifikasi dan Morfologi Buah Tin