Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Kandungan Pupuk Urea dan Fungsinya

| Pupuk
Kandungan Pupuk Urea dan Fungsinya

Kandungan Pupuk Urea dan Fungsinya

Kandungan pupuk urea dan Fungsinya untuk Tanaman – Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk mengandung kadar nitrogen yang sangat tinggi. Kandungan Unsur nitrogen yang terdapat didalam urea merupakan salah satu dari tiga unsur makro yang dibutuhkan tanaman. Oleh karena kandungan pupuk urea dan fungsinya maka pupuk ini sangat populer digunakan para petani baik itu petani palawija maupun petani perkebunan. Urea merupakan salah satu dari jenis pupuk kimia bersifat higroskopis yang berarti jenis pupuk mudah menguap di udara.

Pupuk kimia yang bersifat higroskopis harus berhati-hati dalam penyimpanannya sebab sifat higroskopis mudah menguap di udara serta bersifat mudah larut dalam air, bahkan pada kelebaban 73% jenis pupuk ini dapat menarik uap dari udara. Bentuk dari pupuk ini berupa pril berbulir bulir kristal sehingga sangat mudah untuk mengenali kenis pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi ini.

Kandungan pupuk urea

Pupuk buatan jenis urea dengan rumus kimia NH2 CONH2 ini merupakan salah satu jenis pupuk tunggal. Meskipun disebut sebagai pupuk tunggal tidak berarti kandungan yang ada didalam pupuk urea hanya memiliki 1 jenis kandungan unsur hara saja. Didalam satu karung pupuk urea terdapat beberapa jenis kandungan unsur seperti :

  1. Unsur nitrogen (N) sebanyak 46%
  2. Kandungan Moisture sebanyak 0.5%
  3. Kadar Biuret sebanyak 1%

Pengertian dari persetase kandungan pupuk urea diatas dapat diartikan bahwa setiap 50 kg/karung terdapat 23 Kg kandungan unsur hara Nitrogen, Kadungan Moisture sebanyak 0.25 Kg, dan kandungan kadar Biuret sebanyak 0.5 Kg.

Manfaat pupuk urea

Sebagaimana diketahui bahwa manfaat unsur hara nitrogen sangat penting untuk tanaman. Unsur hara nitrogen berperan penting dalam pertumbuhan tanaman. Kandungan nitrogen yang tinggi didalam urea sangat berfungsi untuk membantu perkembangan tanaman terutama tanaman yang masih berumur muda. Tanaman muda sangat memerlukan banyak unsur hara nitrogen dibandingkan tanaman tua. Berikut beberapa peranan dan manfaat penting kandungan nitrogen dari pupuk urea.

  1. Kandungan hara nitrogen didalam urea membuat daun tanaman lebih hijau yang bermanfaat untuk proses fotosintesa.
  2. Dengan sempurnanya proses fotosintesa maka secara otomatis pertumbuhan tanaman seperti tinggi, cabang, jumlah anakan lebih cepat perkembangannya.
  3. Kandungan pupuk urea yang berupa nitrogen serta kandungan lainnya dapat menjadi tambahan kandungan protein untuk tanaman.
  4. Oleh karena nitrogen sangat dibutuhkan tanaman maka pupuk kimia urea ini bermanfaat untuk semua jenis tanaman.

Urea sendiri memiliki nama lain seperti carbamide, isourea, carbamide resin, carbonyl diamide. akan tetapi masyarakat eropa menyebut pupuk ini dengan nama panggilan carbamide. Dengan mengetahui kandungan pupuk urea dan manfaatnya untuk tanaman pada artikel ini semoga dapat membantu anda.

 

Artikel terkait Kandungan Pupuk Urea dan Fungsinya