Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Kandungan dan Manfaat Pupuk TSP

| Pupuk
Kandungan dan Manfaat Pupuk TSP

Kandungan dan Manfaat Pupuk TSP

Pupuk TSP (Triple Super Phosphate) merupakan salah satu jenis pupuk buatan yang mengandung unsur hara phospate tinggi. Manfaat pupuk tsp sangat baik untuk tanaman yang mengalami krisis hara fosfor. kekurangan nutrisi hara phospate dapat membuat tanaman tumbuh kerdil dan menghambat proses pemasakan buah. Hara fospor merupukan salah satu dari tiga unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Kandungan phosphate tinggi yang terdapat didalam pupuk ini membuat banyak petani menggunakannya untuk menambah nutrisi fosfor pada tanaman. Mungkin bagi anda yang baru memulai untuk menjalani pekerjaan sebagai petani pasti bertanya-tanya apa saja kandungan pupuk TSP, Apa manfaat kandungan yang ada didalam pupuk TSP.

Baca Juga : Jenis Pupuk Mengandung Nitrogen

Keberadaan pupuk TSP sangat mudah untuk dicari karena pupuk ini banyak beredar di toko pertanian maupun grosir pupuk.

Apa saja kandungan pupuk TSP

Pupuk anorganik TSP ini memiliki rumus kimia Ca(H2PO4)2 .H2O. TSP memiliki beberapa keunggulan dibanding pupuk anorganik sumber hara phospate lainnya. Hal ini dikarena kandungan pupuk TSP berupa unsur phospate sangatlah tinggi yaitu sebanyak 45% P2O5. Akan teteapi selain kandungan unsur hara makro Posfor (P) terdapat juga unsur hara lainnya didalam pupuk TSP.

Baca juga : Kandungan Pupuk Urea dan Fungsinya

Adapun kandungan pupuk tsp dalam 1 karung 50 kg adalah sebagai berikut :

  1. Kandungan Nutrisi Hara Posfor (P) Sebanyak 45%
  2. Terdapat nutrisi hara tambahan berupa hara calsium (Ca) Sebanyak 15%
  3. Pupuk Phospate ini berbentuk berupa butiran atau granular
  4. Butiran pupuk anorganik TSP mudah larut kedalam air sehingga setelah penebaran, pupuk ini langsung dapat diserap tanah untuk tanaman.

Apa saja manfaat pupuk TSP

Apa saja manfaat pupuk TSP? Mungkin banyak dari anda bingung memilih jenis pupuk anorganik sumber hara posfor. Ada berbagai macam jenis pupuk kimia buatan yang mengandung hara posfor antara lain TSP, SP36, Rock Phospate, dll. Diantara semua jenis merk pupuk posfor pilihlah pupuk TSP untuk tanaman anda karena selain kandungan phospate yang tinggi ada banyak manfaat pupuk TSP yang terkandung didalamnya. Berikut manfaat pupuk TSP untuk tanaman yaitu :

  • Membuat pertumbuhan batang semakin baik dan batang tumbuh kokoh.
  • Mempercepat pembentukan bunga dan buah tanaman.
  • Memicu pertumbuhan dan perkembangan akar lebih cepat.
  • Mendorong percepatan pembentukan klorofil pemasakan buah.
  • Mendorng percepatan pengangkutan hasil metabolisme tanaman

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Dolomit Untuk Tanaman

Manfaat hara fospor (P) yang terkandung didalam pupuk tsp sangat berperan penting untuk tanaman agar hasil produksi tinggi. Namun dibalik beragam manfaat penggunaan pupuk tsp ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk ini. Berikut dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk tsp yaitu sebagai berikut :

  • Hara fospor (P) yang terbawa air dan masuk ke perairan bebas dapat memicu timbulnya tumbuhan alga atau ganggang yang berlebihan.
  • Tumbuhan alga yang tumbuh berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem perairan.

Demikianlah beberapa informasi tentang kandungan dan manfaat pupuk TSP untuk tanaman. Pupuk tsp dapat di aplikasi kan kesemua tanaman sesuai dengan dosis yang dianjurkan masing-masing tanaman. Sehingga alangkah lebih baik terlebih dahulu anda mengetahui dosis tiap tanaman yang akan dipupukkan dengan pupuk aorganik tsp. Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pupuk Kompos Yang Populer

Artikel terkait Kandungan dan Manfaat Pupuk TSP