Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Kandungan dan Manfaat Dolomit Untuk Tanaman

| Pupuk

Kandungan dan manfaat pupuk dolomit – Dolomit merupakan kapur yang terbuat dari mineral karbonat dengan kandungan kalsium dan magnesium cukup tinggi. Manfaat kandungan kalsium (Ca0) dan magnesium (MgO) yang terdapat didalam pupuk dolomit sangat bermanfaat untuk menetralkan pH tanah. Pupuk dengan hara kalsium dan magnesium tinggi ini mempunyai rumus kimia CaMg(CO3)2. Sebagian besar para petani tidak mengetahui apa manfaat pupuk dolomit ini bagi tanaman. Padahal banyak manfaat untuk tanaman yang didapat dari kandungan hara didalam pupuk kapur dolomit.

Kandungan Pupuk Dolomit

Pupuk dolomit menjadi pupuk anorganik yang sangat baik digunakan untuk memperbaiki pH tanah. Dolomit mengandung unsur hara kalsium (Ca) sebanyak ± 30 % dan magnesium sebanyak hampir 22 % ssetiap kemasan 50 kg. Selain kandungan kalsium dan magnesium, pupuk dolomit juga mengandung senyawa alkali tinggi yang berfungsi untuk menyeimbangkan ph tanah. Umumnya daerah yang mengalami kualitas tanah dengan reaksi masam terdapat di wilayah luar pulau jawa banyak menggunakan pupuk dolomit.

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Pupuk TSP

Manfaat Dolomit Untuk Tanaman

Adanya peredaran pupuk dolomit sangat membantu para petani dalam berbudidaya tanaman. Unsur hara kalsium dan magnesium dapat ditemukan didalam pupuk dolomit. Sebelumnya sudah diterangkan bahwa kandungan hara didalam dolomit berfungsi untuk menyeimbangkan pH tanah. Meskipun hara yang terkandung didalam pupuk ini merupakan unsur hara mikro, akan tetapi apabila kekurangan nutrisi hara mikro kalsium dan magnesium dapat memberi efek buruk bagi tanaman. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dolomit untuk tanaman yaitu sebagai berikut :

  1. Kandungan hara dolomit dapat memabntu menyeimbangkan pH tanah.
  2. Pupuk dolomit memberi tambahan nutrisi hara Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg) untuk tanaman pada jenis tanah krisis hara.
  3. Manfaat kandungan pupuk dolomit dapat menyeimbangkan zat alumunium (Ai), tembaga (Cu) dan besi (Fe) yang berlebihan.
  4. Memperbaiki struktur tanah dan sirkulasi udara tanah sehingga perkembangan akar dapat lebih baik dan maksimal.
  5. Membantu akar mempercepat proses penyerapan zat hara yang sudah ada didalam tanah.

Baca Juga : Kandungan Pupuk Urea dan Fungsinya

Dosis Penggunaan Pupuk Dolomit

Cara penggunaan pupuk dolomit haruslah memperhatikan dosis yang dianjurkan pada masing-masing tanaman. Penggunaan dolomit secara berlebihan tentu akan sangat merugikan karena biaya kan semakin bertambah. Berikut akan di perlihatkan pada gambar tentang dosis penggunaan dolomit dalam 1 ha per jenis tanaman yang akan dibudidayakan.

Dosis pupuk dolomit

Dosis pupuk dolomit

Demikianlah beberapa penjelasan tentang kandungan dan manfaat dolomit untuk tanaman. Semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Juga : Jenis Puuk Mengandung Nitrogen

Artikel terkait Kandungan dan Manfaat Dolomit Untuk Tanaman