Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Jenis Pupuk Mengandung Nitrogen

Jenis Pupuk Mengandung Nitrogen – Unsur hara nitrogen merupakan salah satu senyawa yang diperlukan oleh tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan. Kandungan unsur hara nitrogen dapat ditemukan didalam tanah, namun beberapa jenis tanah tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan nitrogen untuk tanaman. Akibat dari unsur hara nitrogen didalam tanah tidak mencukupi kebutuhan maka pemberian pupuk menjadi alternatif sumber nitrogen untuk tanaman.┬áMengetahui jenis pupuk mengandung nitrogen sangatlah penting sehingga para petani dapat lebih memaksimalkan produksi pertanian.

Pupuk sumber hara nitrogen tediri dari 2 jenis yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari makhluk hidup berupa pelapukan sisa tanaman, pelapukan hewan maupun manusia. Sedangkan untuk pupuk anorganik yaitu pupuk buatan manusia melalui proses fisika, kimia dan bilogis. Peranan unsur hara nitrogen sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, oleh karena itu pemahaman tentang sumber nitrogen haruslah diketahui. Berikut akan dijelaskan beberapa jenis pupuk yang mengandung hara nitrogen.

Pupuk Kompos Salah Satu Jenis Pupuk Mengandung Nitrogen

Pupuk Kompos Salah Satu Jenis Pupuk Mengandung Nitrogen

Jenis Pupuk Mengandung Nitrogen

Fungsi pupuk yaitu sebagai salah satu alternatif sumber hara buatan yang digunakan untuk mencukupi kekurangan hara didalam tanah. Salah satu unsur hara terpenting yang dibutuhkan tanaman yaitu unsur hara nitrogen. Kandungan hara nitrogen dapat ditemukan melalui pemberian pupuk tambahan yang mengandung nitrogen tinggi seperti pupuk kompos, pupuk anorgani urea, Za dan lainnya. Setiap tanaman membutuhkan nutrisi kandungan hara nitrogen yang berbeda beda tergantung jenis tanaman yang dibudidayakan. Oleh karena itu, agar para petani dapat lebih memaksimalkan hasil produksi dan meminimalkan biaya berikut akan dijelaskan jenis pupuk mengandung nitrogen sesuai dengan kebutuhan tanaman.

a. Pupuk Kompos ( Pupuk Organik )

Salah satu sumber kandungan hara nitrogen dapat ditemukan pada kandungan pupuk kompos. Pupuk kompos merupakan pupuk yang terbuat dari bahan alami berupa pelapukan sisa tanaman, hewan dan manusia. Peranan kompos dalam memberikan nutrisi hara tanaman sudah tidak diragukan lagi, meskipun kandungan hara yang terdapat didalam pupuk kompos relatif lebih kecil dibanding pupuk anorganik. Kandungan nutrisi hara didalam kompos terdiri dari Sebagai berikut :

  1. Unsur hara Nitrogen (N) sebanyak 0,7 – 2,5%
  2. Hara Kalium (K) sebanyak 0,39 – 1,35%
  3. Unsur hara Karbon (C) sebanyak 19 – 40%
  4. Kandungan Hara Posfor (P) sebanyak 0,01 – 0,14%
  5. Unsur hara Magnesium (Mg) sebanyak 0,04 – 0,21%
  6. Kandungan Kalsium sebanyak 0,13 – 1,32%
  7. Kandungan air 10 – 15%
  8. C/N sebanyak 9 – 20%

b. Pupuk Amonium Sulfate (ZA)

Pupuk amonium sulfate atau lebih dikenal dengan nama pupuk za merupakan pupuk anorganik yang dibuat untuk mencukupi kekurangan hara dan belerang dari tanah bagi tanaman. Pupuk za merupakan istilah dari bahasa belanda yaitu zwavelzure ammoniak. Unsur hara nitrogen yang terkandung didalam pupuk ini hanya separuh dari kandungan nitrogen pupuk urea, namun pupuk ini cocok digunakan untuk tanaman tebu karena pemberian pupuk urea dapat menjadi racun bagi tanaman tebu. Selain kandungan hara nitrogen, ada beberapa nutrisi hara lainnya didalam pupuk amonium sulfate ( ZA ) yaitu sebagai berikut :

  1. Pupuk ZA ( Pupuk Amonium Sulfate ) mengandung kadar nitrogen (N) sebanyak min 20,8%
  2. Pupuk ZA mengandung kadar belerang (B) sebanyak min 23,8%
  3. Pupuk ZA mengandung kadar asam bebas H2SO4 sebanyak maks 0,1%
  4. Kadar air sebanyak maks 1,0%

Pupuk ZA sangat bermanfaat digunakan sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan untuk semua jenis tanaman. Tanaman sangat membutuhkan Nitrogen pada awal masa pertumbuhan, Sehingga pupuk amonium sulfate sangat baik untuk digunakan.

c. Pupuk Urea

Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk mengandung nitrogen yang populer digunakan para petani. Pupuk urea memiliki kandungan kadar nitrogen yang tinggi sebanyak 46 % berbeda jauh dengan kadar nitrogen yang terkandung didalam pupuk amonium sulfate. Jenis pupuk ini menjadi pilihan utama oleh semua petani yang ingin memberi tambahan nutrisi nitrogen bagi tanaman nya.

Jenis pupuk urea memiliki ciri – ciri antara lain :

  1. Pupuk urea memiliki kadar nitrogen tinggi yaitu sebanyak 46%
  2. Pupuk ini memiliki bentuk butir kristal berwarna putih
  3. Memiliki sifat mudah larut dalam air dan mampu mengikat air ( higroskopis )
  4. Pupuk urea ini memiliki rumus kimia NH2 CONH2

D. Pupuk NPK

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk majemuk karena terdapat kandungan unsur hara makro dan mikro didalamnya. Salah satu jenis pupuk mengandung nitrogen yang familiar yaitu pupuk NPK, didalam pupuk ini terdapat kandungan hara Nitrogen ( N ), Phospat ( P ), Kalium ( K ) yang merupakan hara terpenting bagi tanaman. Ada beberapa jenis pupuk NPK yang beredar saat ini dan jenis NPK itu mempengaruhi jumlah nitrogen yang terkandung didalamnya yaitu antara lain :

  1. Jenis pupuk NPK 12-12-12, merupakan jenis pupuk majemuk dengan kandungan kadar Nitrogen sebanyak 12%, Phospat 12% dan Kalium 12%
  2. Jenis pupuk NPK 16-16-16, merupakan jenis pupuk majemuk dengan jumlah kandungan kadar Nitrogen (N) sebanyak 16%, Phospat (P) 16% dan Kalium (K) 16%
  3. Jenis pupuk 15-15-15, merupakan jenis pupuk majemuk yang memiliki kandungan kadar Nitrogen (N) sebanyak 15%, Phospat 15% dan Kalium (K) 15%

Pentingnya mengenali jenis tanaman dan jumlah kadar nitrogen yang dibutuhkan nya menjadi modal awal bagi kesuksesan bertani. Semoga dengan artikel tentang pemahaman jenis pupuk mengandung nitrogen dapat memberikan sobat petani dalam memilih pupuk apa yang lebih cocok digunakan bagi tanaman sehingga biaya yang keluar tidak besar. Terima Kasih

Baca Juga : Ciri-ciri Defisiensi Kalium Pada Tanaman Kelapa Sawit

Artikel terkait Jenis Pupuk Mengandung Nitrogen