Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Definisi dan Lingkup Teknologi Pertanian

Definisi dan Lingkup Teknologi Pertanian – Teknologi Pertanian merupakan usaha penerapan ilmu terapan dan teknik pada bidang pertanian untuk memudahkan manusia dalam mengelola sumber daya alam, hewan dan tumbuhan sehingga mencapai hasil yang maksimal guna meningkatkan kesejahteraan manusia.

Aneka Jenis Teknologi Pertanian Masa Kini

Aneka Jenis Teknologi Pertanian Masa Kini

Definisi dan Lingkup Teknologi Pertanian

Artikel ini akan membahas tentang apa itu definisi atau pengertian dan ruang lingkup teknologi pertanian yaitu sebagai berikut :

Definisi atau pengertian teknologi pertanian

Pengertian teknologi pertanian berasal dari kata teknologi dan pertanian. Teknologi yaitu penerapan dan pengembangan ilmu pada alat mesin untuk membantu manusia dalam mengelola atau menyelesaikan masalah kehidupan. Sedangkan, pertanian yaitu usaha manusia untuk menghasilkan bahan pangan, produk lahan dan ternak dengan memanfaatkan sumber daya alam tumbuhan serta hewan.

Teknologi pertanian merupakan praktik yang berlandaskan pemahaman mekanistik dengan penekanan pada objek formal rekayasa dalam pembuatan serta penerapan peralatan dan system produksi atau pengolahan hasil produksi. Objek formal dari ilmu teknologi pertnian berfokus pada kegiatan pasca panen seperti pemungutan hasil dari budidaya tanaman dan peternakan.

Sejarah teknologi dibidang industri pertanian

Sejarah teknologi pertanian bermula berkembang ketika terjadi perang dunia I yaitu pada abad 19. Pada saat perang kondisi pertanian sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan pangan tentara dan masyarakat Amerika – Eropa. Agar tercapai kebutuhan pangan saat kondisi perang maka posisi ilmuwan dan teknorat dilibatkan pada bidang pertanian. Sedangkan, ditanah air Indonesia teknologi pertanian berkembang sejak jaman ketika belanda menjajah dan memberlakukan system tanam paksa atau cultur stelsel.

Program sistem tanam paksa oleh belanda memerlukan tenaga ahli yang banyak akan tetapi pada saat itu tenaga ahli yang tersedia sedikit jumlahnya. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang bertugas mengiringi sistem tanam paksa maka pemerintah belanda membentuk dan mendirikan sekolah keteknikan yang berbasi pada pertanian dan kesehatan ( Kedokteran ) hewan di bogor jawa barat. Ilmu teknologi pertanian resmi menjadi bagian formal yang diajarkan di beberapa universitas di Negara Indonesia sekitar tahun 1960-an.

Baca Juga : Panen dan Pengangkutan Kelapa Sawit ( Harvesting dan Transporting )

Menurut gaya amerika teknologi pertanian berperan pada proses panen dan pasca panen yang meliputi teknik pemanenan serta transportasi dan teknik penyimpanan dalam gudang. Sedangkan menurut gaya belanda teknologi pertanian fokus berperan pada sector irigasi (pengairan) dan alat-alat produksi.

Lingkup Teknologi Pertanian

Lingkup dari teknologi pertanian dibedakan menjadi beberapa bagian antara lain sebagai berikut :

Teknik Pertanian dan Biosistem

Bidang teknik pertanian berdasarkan pada ilmu keteknikan pertanian seperti ilmu perhitungan matematika dan sejenisnya. Bidang teknik biosistem merupakan ilmu teknik tentang perencanaan alat produksi dan penerapan pengolahan hasil pertanian. Diharapkan dengan mempelajari ilmu keteknikan ini maka hasil produksi pertanian dapat maksimal dengan optimasi alat – alat pertanian.

Teknik Pertanian juga mencakup ilmu bidang tentang teknik irigasi ( pembuatan hingga pemeliharaan ), teknik tanah, eklektrifikasi, energi pertanian, bangunan serta lingkungan pertanian.

Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian

Bidang teknologi pertanian dan hasil pertanian meliputi ilmu yang mempelajari tentang teknik pengolahan hasil pertanian mulai dari pemanenan hingga menjadi produk hasil pertanian yang siap dipasarkan. Ilmu teknologi pertanian meliputi metode mengolah hasil dan optimasi proses serta cara pengolahan untuk menghasilkan produk pertanian dengan hasil kualitas tinggi.

Teknologi Industri Pertanian

Bidang teknologi industri pertanian merupakan ilmu yang mempelajari tentang optimasi pertanian dengan industri pertanian. Bidang ilmu teknologi industri pertanian merupakan bidang keteknikan dengan mengoptimalkan seluruh bagian pertanian seperti :

  • Fungsi material hasil pertanian.
  • Alat pertanian.
  • Metode pengolahan hasil.
  • Pengelolaan modal untuk mendapatkan keuntungan hasil pertanian yang tinggi.

Demikian beberapa informasi dari artikel tentang Definisi dan Lingkup Teknologi Pertanian, semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca.

Baca Juga : Manfaat Mesin Pertanian Untuk Peningkatan Hasil Produksi Pertanian dan Perkebunan Di Indonesia

Artikel terkait Definisi dan Lingkup Teknologi Pertanian