Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Cara Menanam Kecambah Sawit Yang Benar

Menanam Kecambah Sawit yang Benar – Seperti tanaman pertanian lainnya bahwa kecambah sawit merupakan cikal bakal produk pertanian perkebunan kelapa sawit. Kecambah merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari biji. Kecambah kelapa sawit terbagi menjadi 2 bagian utama yaitu Radikula dan plumula. Pada bagian inilah yang sangat perlu diperhatikan pada saat penanaman kecambah sawit.

Seleksi Kecambah Kelapa Sawit

Proses sebelum menanam kecambah sawit harus dilakuan seleksi kecambah dahulu yang kita lakukan setelah kecambah kita keluarkan dari kemasan. Seleksi kecambah berkisar antara 2% Р5%. Seleksi kecambah harus benar-benar teliti pada persentase seleksi PN dan MN sangat besar saat seleksi PN.

Baca Juga : Metode Peningkatan Produksi Kakao Menggunakan Varietas Unggul

Kecambah yang terseleksi pada saat seleksi kecambah ada beberapa tipe, yaitu:

  • Kecambah yang plumula dan atau radikula patah
  • Kecambah yang busuk atau lembek plumula dan atau radikulanya
  • Kecambah yang plumula dan Radikulanya tidak jelas dapat dibedakan-dibedakan
  • Kecambah yang plumula dan atau radikulanya tidak tumbuh

Menaman Kecambah Kelapa Sawit

Posisi Planula dan radikula dalam menanam kecambah Sawit

Posisi Planula dan radikula dalam menanam kecambah Sawit

Apabila menanam kecambah terlalu dangkal atau terlalu dalam akan perngaruh pada perkembangan hidup bibit. Kecambah yang terlalu dangkal dalam penanamannya menyebabkan bibit yang tumbuh muncul ke permukaan dan berdampak pada peningkatan biaya untuk konsolidasi bibit. Sedangkan kecambah yang ditanam terlalu dalam akan menyebabkan lambatnya perkembangan dan memperbesar persentase kematian dikearenakan pembusukan. Apalagi bila kecambah ditanam pada media yang sulit meloloskan air, dapat dicontohkan pada media pengisian babybag berupa tanah liat berat.

Pemasangan Papan Penanaman Kecambah

Penanaman kecambah harus dibedakan antar jenis bibit, biasa dilakukan pembedaan per varietas atau per jenis silangan induk. Untuk itu, perlu diberi papan penanaman kecambah serta dalam pemberian papan kecambah harus berurut agar tidak terjadi kesalahan administrasi. Papan penanaman kecambah harus terbuat dari bahan yang kuat karena jangka waktu pembibitan kelapa sawit membutuhkan jangka waktu yang panjang.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara menanam kecambah sawit yang benar. semoga dengan beberapa langkah teknis pekerjaan yang telah dibahas dapat menambah wawasan anda dalam melaksakan menambah kecambah kelapa sawit.

Artikel terkait Cara Menanam Kecambah Sawit Yang Benar