Sarana Informasi Pertanian

Berbagi Informasi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Menu

Cara Memberantas Gulma Epifit Beringin

Cara Membrantas Gulma Epifit Beringin Pada Tanaman Kelapa Sawit – Gulma yang tumbuh pada pokok kelapa sawit disebut epifit, salah satu diantaranya yaitu tumbuhan pohon beringin (Ficus benjamina). Epifit merupakan tumbuhan yang tidak diinginkan keberadaannya untuk tumbuh pada tanaman. Hal ini disebabkan tumbuhan epifit dapat menghambat perkembangan pokok kelapa sawit, proses pemanenan buah menjadi terhalang sehingga produksi menurun.

Epifit pohon beringin atau dikenal dengan nama latin ficus benjamina merupakan salah tumbuhan yang masuk kedalam genus Ficus L. Pokok beringin Ficus benjamina ini berasal dari wilayah benua  asia dan Australia sehingga tidak heran apabila di Negara Indonesia banyak ditemukan pohon ini. Pada beberapa kelompok masyarakat tumbuhan ini dijadikan sebagai tanaman hias atau lebih dikenal dengan tanaman hias pohon bonsai, akan tetapi di kelompok masyarakat lainnya tumbuhan ini dianggap sebagai pengganggu.

Epifit Beringin Pada Tanaman Kelapa Sawit

Epifit Beringin Pada Tanaman Kelapa Sawit

Salah satu kelompok masyarakat yang tidak suka akan tumbuhan ini yaitu kelompok masyarakat yang berprofesi sebagai petani tanaman kelapa sawit. Epifit pohon beringin ini akan tumbuh pada batang tanaman sawit yang telah berumur lebih dari 15 tahun. Apabila tumbuhan ini tumbuh dan berkembang di kebun petani sawit, maka petani itu akan segera mencari cara untuk memasmi epifit beringin ini karena pertumbuhannya dapat merugikan hasil produksi tanamn sawit. Namun, beberapa petani tidak tau bagaimana cara untuk membasmi gulma epifit beringin. Nah berikut akan dijelaskan cara untuk memberantas gulma epifit beringin pada tanaman kelapa sawit.

Bahan yang digunakan untuk memberantas gulma epifit beringin

Sebelum melakukan cara untuk memberantas gulma epifit terlebih daulu kita akan menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk kegiatan ini.

Berikut bahan yang dipersiapkan untuk dipergunakan yaitu :

  1. Kantong plastik ukuran ¼ Kg atau ½ Kg sesuai kebutuhan
  2. Tali plastik atau karet ban yang telah dipotong
  3. Herbisida garlon atau starlon
  4. Solar sesuai kebutuhan
  5. Parang atau golok

Cara memberantas gulma epifit beringin

Setelah semua bahan yang diperlukan telah dipersiapkan, maka tahap selanjutnya yaitu cara memberantas gulma epifit pokok beringin pada tanaman kelapa sawit. Cara pelaksanaan sebagai berikut :

  1. Campurkan herbisida garlon atau starlon dengan solar ( 1 : 19 ), yang mana 1 liter garlon dicampur 19 liter solar.
  2. Cari akar gulma pokok beringin, kemudian akar tersebut dipotong dengan golok atau parang. Usahakan akar gulma yang besar hanya menggunakan 1 kantong plastic, akan tetapi apabila akar gulma kecil maka dapat digabungkan kedalam satu kantong plastic.
  3. Masukkan campuran garlon dan solar kedalam kantong plastik sebanyak 30 – 40 cc
  4. Selanjutnya akar yang telah dipotong dimasukkan kedalam kantong plastik yang berisi campuran garlon dan solar.
  5. Selanjutnya Ikat kantong plastik menggunakan tali dan diikat serapat-rapatnya agar menghindari air hujan masuk kedalam kantong plastik.

Demikianlah artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan perlu diketahui bahwa hasil yang akan diperoleh baru kelihatan pada minggu ke-3 atau minggu ke-4. Faktor pengikatan menjadi salah satu faktor terpenting, karena banyak epifit yang tidak mati akibat herbisida terlalu banyak bercampur air yang masuk kedalam kantong plastik. Semoga dengan artikel tentang cara memberantas gulma epifit beringin pada tanaman kelapa sawit ini dapat membatu petani sawit mengatasi masalah epifit yang tumbuh dikebun sawit.

Artikel terkait Cara Memberantas Gulma Epifit Beringin